Time Zone

My Album

My Album
Kegiatan Outbon

Facebook

Facebook
Gabung Facebook

Followers

Kategori Penyakit

Diposting oleh sains Minggu, 17 Januari 2010 0 komentar


Masalah Kesehatan Wanita
Vaginitis & Vulvitis Penyakit Radang Panggul Sindroma Premenstruasi


Masalah Kesehatan Anak
Cacar Air Gondongan Polio


Kesehatan Jiwa
Binge Ketergantungan Obat & Ketagihan Alkoholisme


Kelainan Imunitas
Kaligata Rinitis Alergika Musiman Rinitis Alergika Pereneal


Kecelakaan dan Cedera
Cedera Karena Radiasi Kelainan Panas Keracunan


Kanker
Diagnosis Kanker Komplikasi Kanker Pengobatan Kanker


Infeksi & Penyakit Menular
Influenza Infeksi HIV Gonore


Gangguan Nutrisi dan Metabolisme
Hiperlipidemia Herediter Kekurangan & Kelebihan Molibdenum Kekurangan & Kelebihan Mangan


Gangguan Hormon
Tiroiditis Tiroiditis Hashimoto Tiroiditis Granulomatosa Subakut


Penyakit THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan)
Polip Hidung Sinusitis Faringitis (Radang Tenggorokan)


Penyakit Tulang, Sendi dan Otot
Artritis Rematoid Penyakit Paget Pada Tulang Tumor Tulang Non-Kanker


Penyakit Darah
Leukemia Mieloid Akut Leukemia Limfositik Kronik Leukemia mielositik kronik


Penyakit Ginjal dan Saluran Kemih
Uretritis Sistitis Sistitis Interstisialis


Penyakit Hati dan Empedu
Hepatitis Virus Akut Gambaran Klinis Penyakit Hati Sakit Kuning (Jaundice)


Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah
Biologi jantung&pembuluh darah Endokarditis Non-infektif Perikarditis akut


Penyakit kulit
Dermatitis Kronis Pada Tangan & Kaki Dermatitis Atopik Dermatitis Seboreik


Penyakit Mata
Glaukoma Tumor Kelopak Mata Tumor Jinak Konjungtiva


Penyakit Mulut dan Gigi
Karies Gigi Pulpitis Abses Periapikal


Penyakit Otak dan Saraf
Sakit Kepala Migren Sakit Kepala Cluster Vertigo


Penyakit Paru-paru dan Saluran Pernafasan
Bronkitis Abses Paru Fibrosis Kistik


Masalah Kesehatan Pria
Ejakulasi Sebelum Waktunya Ejakulasi Tertunda Priapisme



Penyakit Sistem Pencernaan
Luka Pada Kerongkongan Akibat Bahan-bahan Korosif Botulisme Keracunan Makanan Karena Clostridium perfringen

| edit post

Penyakit Sistem Pencernaan

Diposting oleh sains 0 komentar

Penyakit Sistem Pencernaan
Tumor Pada Sistem Pencernaan


- Kanker Lambung
- Kanker usus halus
- Polip Di Usus Besar & Rektum
- Poliposis Familial
- Kanker Kolorektal (rektum)
- Kanker Kerongkongan (Esophageal Cancer)
- Kanker Perut
- Kanker Pankreas
- Tumor Kerongkongan Nonkanker
- Tumor Perut Nonkanker
- Kanker Anus
- Avascular Necrosis pada Tulang
- Polip Kolorektal

Ulkus Peptikum



Gangguan Esofagus


- Luka Pada Kerongkongan
Akibat Bahan-bahan Korosif
- Bau Mulut (Halitosis)
- Kanker Kerongkongan
- Disfagia (kesulitan menelan) Karena Kelainan Tenggorokan
- Cincin Kerongkongan Bagian Bawah (Cincin Schatzki)
- Selaput Kerongkongan (Sindroma Plummer-Vinson, Disfagia Sideropenik)
- Disfagi Lusoria
- Penyebab Lain Dari Penyumbatan Kerongkongan
- Kejang Kerongkongan Yang Tersebar
- Akalasia (Kardiospasme, Esophageal aperistaltis, Megaesofagus)
- Refluk Asam (Refluks Gastroesofageal)
- Kantong Kerongkongan (Divertikula)
- Hernia Hiatal
- Robekan Pada Kerongkongan

Divertikulosis


- Divertikulosis
- Divertikulitis

Penyakit Pembengkakan Usus Besar (IBD)


- Penyakit Crohn (Enteritis Regionalis, Ileitis Granulomatosa, Ileokolitis)
- Kolitis Ulserativa
- Hernia/Burut Dinding Perut
- Collagenous Colitis dan Lymphocytic Colitis
- Ischemic Colitis
- Radang Usus Besar (Diversion Colitis)

Penyakit Pada Pankreas


- Adenokarsinoma Pankreas
- Insulinoma
- Gastrinoma
- Glukagonoma
- Radang Pankreas/ Pankreatitis Akut
- Pankreatitis Kronis
- Vipoma

Gangguan Rektum & Anus


- Fissura Anus
- Hemoroid (Wasir/Ambeien)
- Proktitis (radang lapisan rektum)
- Penyakit Pilonidal
- Prolapsus Rektum
- Abses Anorektal
- Fistula Anorektal (Fistula in ano)
- Gatal Anus (Pruritus ani)
- Benda Asing Di Rektum & Anus
- Sindrom levator (Levator syndrome)

Gangguan Pencernaan Darurat


- Abses Abdomen
- Perdarahan Saluran Pencernaan
- Nyeri Perut
- Penyumbatan Mekanis Pada Usus
- Ileus
- Apendisitis (radang usus buntu)
- Peritonitis (radang selaput rongga perut)
- Perforasi/Perlubangan
- Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Gangguan Lambung


- Irritable Bowel Syndrome
- Perdarahan Pada Kelainan Arteriovenosa
- Maag/Gastritis (radang lapisan lambung)
- Ulkus Peptikum
- Gastroesophageal Reflux (GERD)

Gangguan Perut


- Dispepsia
- Mual & Muntah
- Regurgitasi
- Sensasi Globus (Histeria globus)

Gangguan Penyerapan Nutrisi


- Sindrom Malabsorbsi
- Intoleransi Terhadap Gula
- Penyakit Seliak
- Tropical Sprue (Sariawan Tropikal)
- Penyakit Whipple (Lipodistrofi Intestinal)
- Limfangiektasi Intestinal (Hipoproteinemi Idiopatik)
- Short Bowel Syndrome
- Sindrom Pertumbuhan Bakteri Berlebihan

Gastroenteritis


- Botulisme
- Keracunan Makanan
Karena Clostridium perfringen
- Kolitis Karena Antibiotik
- Gastroenteritis
- Kolitis Hemoragika
- Keracunan Makanan
Yang Mengandung Stafilokokus
- Traveler's Diarrhea (Flu Usus, Grippe, Turista)
- Keracunan Bahan Kimia Dalam Makanan
- Gastroenteritis
Sebagai Efek Samping Dari Obat

Kelainan Buang Air Besar


- Sembelit
(Konstipasi)
- Inersia Kolon
- Diskezia
- Diare
- Inkontinensia Tinja (buang air besar tidak terkendali)
- Flatulensi (perut kembung)

Biologi Sistem Pencernaan


- Biologi Sistem Pencernaan

| edit post

1.Perhatikan gambar!

A.
27000 Cm2


B. 25000 Cm2
C. 20000 Cm2
D. 15000 Cm2
E.
2.Perhatikan gambar!

A. 0,8 Kg/m3


B. 0,9 Kg/m3
C. 800 Kg/m3
D. 900 Kg/m3
E.
3.Perhatikan gambar!

A. C
B. B
C. A
D. A dan B
E.
4.Tabel perbandingan antar planet :

A. 1 dan 2


B. 3 dan 4
C. 2 dan 3
D. 1 dan 4
E.
5.Berikut ini yang termasuk planet luar adalah ...
A. Mars dan yupiter


B. Bumi dan mars
C. Saturnus dan venus
D. Pluto dan bumi
E.
6.Perubahan energi kimia menjadi energi gerak ditunjukkan gambar ...

A. i
B. ii
C. iii
D. iv
E.
7.Pernyataan :

1. energi kinetik adalah energi yang dimiliki benda kerena geraknya.

2. energi kinetik adalah energi yang dimiliki benda karena posisinya

3. energi potensial adalah energi yang dimiliki benda karena geraknya

4. energi potensial adalah energi yang dimiliki benda karena posisinya

Pengertian energi kinetik dan energi potensialditunjukkan nomor...
A. 1 dan 2


B. 3 dan 4
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E.
8.Mengenai asteroid :

1. asteroid adalah benda antar planet berupa bongkah batuan.

2. asteroid mengitari mars dan uranus berupa sabuk

3. asteroid disebut juga. planet kecil

4. massa dari semua asteroid 1/3.000 massa bumi.

Pernyataan yang benar ditunjukkan nomor ...
A. 1 dan 2


B. 3 dan 4
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E.
9.Rotasi bumi terhadap porosnya menyebabkan ...
A. Pergantian siang dan malam hari
B. Pergantian musim
C. Perubahan lamanya siang dan malam
D. Gerak semu tahunan matahari
E.
10.Perhatikan gambar !
Jika balok tersebut diberi gaya yang sama, maka yang memiliki tekanan yang terbesar adalah ...

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E.
11.Perhatikan gambar!

A. Total
B. Sebagian
C. Penumbra
D. Parsial
E.
12.Gejala akibat keracunan karbon monoksida dengan konsentrasi 50% atau lebih adalah ...
A. Tubuh menggigil
B. Pingsan
C. Kehilangan orentasi
D. Sulit tidur
E.
13.Konsep mengapung, tenggelam dan melayang :

1. jembatan ponton.
2. suntikan
3. galangan kapal
4. rem hidrolik

Yang merupakan produk teknologi yang sesuai dengan konsep tersebut ditunjukkan nomor ...
A. 1 dan 2


B. 3 dan 4
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4
E.
14.Perhatikan gambar!

Jika tekanan gas di ruang R adalah 90 CmHg , maka tekanan udara luar adalah ...

A. 30 cmHg


B. 40 CmHg
C. 50 CmHg
D. 60 CmHg
E.
15.Jika D = 500 N, maka besar F adalah ...

A. 1000 N
B. 500 N
C. 250 N
D. 100 N
E.
16.Pelapukan organik pada bagian litosfer bumi terjadi karena ...
A. Air hujan mengandung zat asam
B. Ombak yang menghantam karang
C. Perbedaan suhu udara
D. Bakteri yang mengeluarkan zat asam.
E.
17.Nama planet :

1. uranus
2. mars
3. venus
4. pluto

Gerak langsung dan gerak balik secara berurutan ditunjukkan nomor ...
A. 2,4 dan 1,3


B. 1,2 dan 3, 4
C. 1,4 dan 2,3
D. 2,3 dan 1,4
E.
18.Dalam berbagai peralatan listrik atau mesin masih digunakan satuan hp (horse power) atau tenaga kuda. Satu hp kira-kira ¾ kilowatt. Jadi, bila mesin mempunyai daya 20 hp kira-kira sama dengan ...
A. 20 kilowatt


B. 15 kilowatt
C. 10 kilowatt
D. 5 kilowatt
E.
19.Mengenai planet :

1. jarak planet ke matahari selalu tetap.

2. garis edar semua planet mengelilingi matahari berbentuk elips

3. perihelium adalah jarak planet terdekat ke matahari

4. peredaran planet mengelilingi matahari disebut kala revolusi

Pernyataan yang benar ditunjukkan nomor ...
A. 1 dan 3


B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 1 dan 4
E.
20.Perhatikan gambar!

A. Besar tua


B. Separo muda
C. Mati
D. Sabit
E.
21.Mengenai bintang :

1. bintang memancarkan cahayanya sendiri.

2. bintang tidak memancarkan cahayanya sendiri

3. bintang yang paling dekat bumi adalah proxima centauri.

4. bintang paling dekat bumi adalah matahari

Pernyataan yang benar adalah ...
A. 1 dan 4


B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 2
E.
22.Perhatikan gambar!

A. 400 joule


B. 250 joule
C. 150 joule
D. 100 joule
E.
23.Tekanan udara di suatu kota sama dengan 70 cmHg. Ketinggian kota tersebut di atas permukaan laut adalah ...
A. 400 m


B. 500 m
C. 600 m
D. 700 m
E.
24.Sumber utama gas karbondioksida adalah ...
A. Bahan bakar fosil


B. Aerosol
C. Pupuk
D. Penebangan hutan
E.
25.Perhatikan gambar benda jatuh berikut ini !

A. 1 dan 2


B. 3 dan 4
C. 2 dan 3
D. 1 dan 4
E.
26.Perhatikan gambar!

A. 4200 J

B. 3600 J
C. 2400 J
D. 1500 J
E.
27.Berat benda di udara 40 N dan beratnya ketika tercelup seluruhnya dalam air adalah 35,1 N. Gaya apung yang dialami benda adalah ...
A. 4,9 N


B. 5,9 N
C. 6,9 N
D. 7,9 N
E.
28.Proses pembentukan energi matahari berlangsung di ...
A. Fotosfer



B. Kromosfer
C. Inti matahari
D. Korona
E.
29.Perhatikan gambar!

Letak huruf yang bertekanan sangat rendah adalah ...

A. P
B. Q
C. R
D. S
E.
30.Perhatikan gambar

A. 10 gram


B. 25 gram
C. 50 gram
D. 100 gram
E.

| edit post

Upaya Peningkatan Kualitas Hasil Belajar di Sekolah

Diposting oleh sains Rabu, 13 Januari 2010 0 komentar

Upaya Peningkatan Kualitas Hasil Belajar di Sekolah
MARAKNYA lembaga bimbingan belajar di berbagai kota besar maupun kota kecil seiring dengan kesadaran anak akan pentingnya dunia pendidikan. Masyarakat telah berkesimpulan bahwa eksistensi lembaga bimbingan belajar ada korelasi positif terhadap peningkatan pemahaman siswa akan materi suatu mats pelajaran. Keyakinan ini mendorong para. siswa untuk mengikutinya dan orang tua pun rela menyisihkan uangnya demi anaknya ikut bimbingan belajar. Padahal di lembaga ini biaya lebih tinggi jika dibandingkan dengan biaya sekolah. Tidak heran lembaga bimbingan belajar makin lama menjadi dunia bisnis pendidikan.

Jika siswa ditanya mengapa ikut bimbingan belajar ? Mereka menjawab untuk memperdalam pemahaman terhadap materi pelajaran yang seabrek banyaknya itu. Pertanyaan dilanjutkan, apakah di sekolah tidak dapat memperdalam pemahaman seperti di lembaga bimbingan belajar ? Mereka pun menjawab, dapat akan tetapi hasilnya sering kalah dengan yang mengikuti bimbingan tes.

Di satu sisi jawaban siswa ini baik karena mereka ada kemauan sendiri untuk memperdalam pemahaman materi di luar jam sekolah walau resiko biaya tinggi. Tetapi di lain pihak bagai menampar telinga guru serta mencabik muka sekolah karena sekolah divonis oleh siswa sebagai lembaga pendidikan formal yang kalah dalam mempersiap-kan nilai Unas maupun tes pada UMPTN. Menghadapi anggapan seperti ini kita selaku praktisi pendidikan tak dapat bersitegang menyalahkan anggapan siswa. Fakta menjadi bukti dan nilai Unas menjadi saksi bahwa siswa yang ikut bimbingan belajar akan lebih besar peluang untuk menang dalam kompetisi dengan mereka, yang tidak mengikutinya, walaupun hal ini tidak menjamin 100%.

Pertanyaannya sekarang mengapa sekolah kalah dalam meningkatkan pemahaman materi pelajaran bagi siswa jika dibandingkan dengan lembaga bimbingan belajar ? Inilah dilema sistem pendidikan kita. Banyak pengamat pendidikan menyorot bahwa produktivitas pendidikan nasional kurang memadai. Mengapa, dapat begitu ? Mari kita cermati dan telusuri tentang perilaku proses sistem belajar mengajar di sekolah - sekolah sebagai hal yang ikut andil dalam perolehan hasil belajar yang kurang berkualitas.

Pertama, membenahi sistem penilaian ( value) yang relatif murah. Selama nilai yang tertera pada rapor tak pernah dikuatirkan sebelumnya oleh seluruh siswa. Hal ini disebabkan para siswa memiliki estimati, tidak mungkin di rapor / ijasah ada angka nilai 4, 3 dan 2. Paling angka 5 sebagai angka terendah. Itu pun karena keterlaluan si siswa. Lebih-lebih kelas tertinggi yang nantinya ikut andil dalam perhitungan kelulusan. Tentu nilai kelas tertinggi dibuat sedemikian rupa, sehingga angka itu dapat mengatrol nilai rata-rata sebagai syarat minimal siswa dapat lulus..

Situasi demikian agaknya sudah menjadi budaya pendidikan kita , siswanya pun menjadi tenang-tenang saja. Oleh karena demikian tenangnya lantas terbiasa tidak mau belajar keras dan tekun. Apa akibatnya. ? Semua informasi selama beberapa tahun dari kelas terendah sampai tertinggi, tertimbun. Bahkan ada yang mengalami aus, erosi, rusak dan lepas tanpa teratasi. Hal ini bukan salah guru dan kepala sekolah semata-mata akan tetapi karena tuntutan dari atas sehingga merebak menjadi budaya penilaian oleh sekolah. Dan ini yakin tidak akan membuat siswa termotivasi untuk belajar keras. Perlu disadari bahwa penilaian bukan sekedar memberi angka namun tanggung jawab moral pendidik terhadap masa depan peserta didik tak boleh diabaikan. Oleh karenanya sistem obral nilai perlu ditinjau kembali

Kedua, menghapus budaya pemangkasan kreativitas siswa. Seorang guru sering bersikap bak raja di atas tahta. Segala keputusannya termasuk pertanyaan dari siswa yang tak dijawab guru, siswa dipaksa harus menerima. Siswa bertanya ini dan itu, guru pun memangkasnya dengan dalih," Kita tidak sedang membicarakan hal itu". Kalau mau menyadari sebenarnya banyak siswa yang cukup potensial bila terpupuk oleh kearifan dan keprofesionalan guru.

Kenyataan di lapangan jika siswa bertanya ini dan itu, guru menjawab seenaknya. Bertanya tentang keuangan di pangkas kepala sekolah, bertanya tentang pustaka dipangkas petugas perpustakaan. Lebih lanjut setelah dewasa menjadi mahasiswa mau bertanya di depan DPR dipangkas oleh petugas keamanan. Celakanya, siswa yang demikian ini dikategorikan anak nakal yang tidak pernah menurut.

Sebenarnya keusilan (bila dianggap usil) sikap siswa tersebut adalah refleksi dari kekreativan nalarnya. Bukankah sikap kreatif adalah indikator kualitas SDM? Tetapi sayang budaya birokrasi kita sering tidak memandang segi positifnya dari siswa yang berlaku beda. Dari konteks itulah berarti guru menyenangi siswa penurut segala¬-galanya. Akhirnya siswa terbiasa diam. Sikap diam inilah tidak akan memunculkan siswa kreatif, aktif, sensitif dan inivatif.

Seharusnyalah budaya pemangkasan kreativitas siswa dihapus. Sebaliknya kreativitas perlu dipupuk sebaik-baiknya. Siswa diposisikan sebagai subjek belajar bukan objek belajar. Guru hendaknya menyadari bahwa siswa banyak yang lebih pintar daripada dirinya hanya tidak bersamaan waktunya.

Ketiga, menghindari jebakan target materi. Dalam proses belajar mengajar, guru memang selalu terpatri oleh silabus. Ini berarti guru diatur perangkat proses belajar mengajar ( PBM ) yang telah sesuai dengan silabusnya. Dalam silabus telah diatur muatan materi dan waktunya, guru tidak boleh mengurangi sedikit pun. Oleh karena demikian guru lupa atau sengaja menomorduakan ketuntasan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep yang diajarkan. Hal yang diingat adalah tujuan utama proses pembelajaran , merampungkan materi yang harus diberikan siswa, dalam waktu tertentu. Target materi adalah sesuatu yang memang harus disepakati dan kita taati. Tetapi penguasaan siswa terhadap materi tersebut adalah suatu keharusan. Inilah, agaknya merupakan tantangan bagi guru untuk menyeimbangkan antara ketuntasan materi dan ketuntasan penguasaannya.

Keempat, menghindari kebiasaan menggunakan soal model pilihan ganda. Sejak SD hingga Perguruan Tinggi penggunaan soal model pilihan ganda agaknya membudaya. Oleh karena terbiasa demikian siswa cenderung main untung-untungan. Soal-soal yang hanya didominasi ingatan dan pemahaman sangat tidak mendidik siswa, untuk belajar bernalar, berpikir, belajar secara benar dan gemar membaca. Sebaik apa pun soal model pilihan ganda, peluang menebak untuk memilih jawaban yang benar tetap besar. Bagi guru memang memudahkan dan mempercepat mengoreksi serta, menilainya. Akan tetapi bagi siswa jelas tidak akan mendorong untuk belajar memahami materi secara global.

Soal-soal ujian dalam bentuk pilihan ganda, agaknya perlu untuk ditinjau kembali karena biasanya hanya untuk mengetahui daya serap siswa terhadap bahan pelajaran. Soal ujian seharusnya mampu membimbing siswa belajar secara benar, bernalar, berargumentasi dan sekaligus meningkatkan budaya gemar membaca. Untuk itu soal ujian dalam bentuk essay perlu dikembalikan lagi.

Kelima, mengurangi multi beban guru. Guru selalu diharapkan berperan sebagai programer, administrator, fasilitator, motivator, evaluator dan stabilisator dalam lingkungan sekolah. Namun ketika datang supervisor dari pengawas bukan tatap guru dengan siswa yang diamati melainkan kelengkapan administrasi guru yang diutamakan

Di rumah yang sedianya untuk membaca guna menambah wawasan, guru justru disita waktunya, demi pemberesan administrasi tersebut. Jika demikian terus¬ menerus guru hanyalah pelaksana rutin yang tidak memiliki kesempatan meningkatkan kualitasnya. Keadaan ini akan mengimbas pada proses belajar mengajar dan berujung pada kurangnya mutu hasil belajar.

Sehubungan dengan beban tugas guru yang bersifat teknis administrasi kiranya perlu dikurangi dan sebaliknya mendorong guru untuk meningkatkan kemampuan penguasaan materi pelajaran. Apalah artinya penguasaan metode mengajar tanpa ditunjang penguasaan materi pelajaran secara memadai. Mengingat era globalisasi telah tiba saatnya maka perlu pembenahan persoalan yang terakhir. Penguasaan materi pelajaran oleh guru adalah paling vital dalam mengemban tugas keguruan yang selama ini sering terabaikan. Juga perlu disadari bahwa guru adalah orang yang paling bertanggung jawab menentukan arch masa depan anak-anak kita.

| edit post

WiSE : Alat Transportasi Alternatif Antarpulau
Wajah transportasi udara Indonesia sedang suram saat ini akibat beberapa kecelakaan transportasi yang terjadi beruntun di dalam negeri. Seolah musibah ini datang silih berganti, baik itu transportasi udara, darat, maupun laut. Korban jiwa yang jatuh dalam satu tahun terakhir ini pun tidak bisa dianggap sedikit.

Kebutuhan akan transportasi yang aman dan nyaman merupakan hal penting yang harus diperhatikan pemerintah. Indonesia adalah negara kepulauan yang tentu saja memiliki kebutuhan alat transportasi antar pulau yang tinggi. Saat ini kegiatan mobilitas penduduk antar pulau dilayani dengan kapal laut dan pesawat udara. Selain kedua alat transportasi ini apakah ada alternatif lain?

Dari segi waktu tempuh, jelas pesawat udara jauh lebih unggul dari kapal laut. Namun, untuk jarak dekat misalnya untuk penyebrangan antar pulau, kapal laut lah pilihan yang tepat. Mungkinkah kita menggabungkan keduanya, menciptakan kapal laut yang bersayap dan dapat terbang? Jawabnya adalah sangat mungkin.

Kapal bersayap adalah pesawat terbang yang sengaja dirancang untuk terbang rendah. Tujuannya adalah untuk mendapatkan efek permukaan (ground effect) yang berguna menambah gaya angkat. Kendaran jenis ini dikenal dengan nama Wing in Ground/Surface Effect (WiGE atau WiSE). Dibandingkan dengan kapal laut, WiSE memiliki keunggulan yaitu meniadakan gaya hambat dari air laut karena telah berada beberapa centi diatas permukaan laut dan pada akhirnya tentu saja kecepatan yang didapat lebih tinggi, waktu tempuh singkat, dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Prinsipnya, WiSE manfaatkan efek pemampatan udara permukaan yang terjadi pada objek benda yang terbang rendah. Efek tambahan gaya angkat ini dipertahankan dengan memilih kecepatan terbang yang sesuai dan bentuk aerodinamik yang sesuai pula.

Gaya angkat pada sayap terbangkit akibat adanya perbedaan tekanan dipermukaan atas dan permukaan bawah sayap akibat gerak relatif udara terhadap sayap. Namun, konsekuensi dari perbedaan tekanan ini adalah terjadinya ‘kebocoran’ tekanan di ujung tepi sayap (wing tip) dan terjadi kerugian gaya angkat. Saat terbang rendah, downwash yang tercipta di tepi sayap ini ‘terhalang’ oleh permukaan, sehingga didapatllah tambahan gaya angkat.

Ground effect

WiSE craft memang belum dikenal di Indonesia. Namum bukan berarti janis kendaraan ini belum pernah ada didunia. Beberapa konsep WiSE craft yang telah ada antara lain KM Ekranoplan dan Lun Ekranoplan buatan Uni Soviet dan Pelikan yang dibuat oleh Boeing. Sudah seharusnya lah WiSE menjadi pilihan alternatif untuk Indonesia mengingat profil geografis Indonesia yang sangat cocok untuk WiSE.

Saat ini Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tengah mengembangkan dan merancang prototipe kapal bersayap ini. Dalam pengerjaanya, BPPT bekerjasama dengan institusi pendidikan seperti ITB dan ITS. WiSE craft-8, yang saat ini sedang dikerjakan, menggunakan material komposit dengan tenaga penggerak single propeler. Kapal bersayap ini memiliki kapasitas 8 penumpang dan mampu terbang rendah dengan kecepatan 80 -120 knots, atau tiga kali lebih cepat dari kapal laut biasa.

Harapan kedepan semoga saja alat transportasi WiSE dapat dikembangkan oleh industri nasional untuk memenuhi kebutuhan transportasi laut nasional. Kabarnya, prototipe WiSE craft 8 BPPT-ITB saat ini sedang dibuat di daerah Serang, Banten. Kita tunggu saja.

| edit post

Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati PenyakitA. Sekilas Tentang Bawang Putih
Bawang putih (Allium sativum) adalah herba semusim berumpun yang mempunyai ketinggian sekitar 60 cm. Tanaman ini banyak ditanam di ladang-ladang di daerah pegunungan yang cukup mendapat sinar matahari. Batangnya batang semu dan berwarna hijau. Bagian bawahnya bersiung-siung, bergabung menjadi umbi besar berwarna putih. Tiap siung terbungkus kulit tipis dan kalau diiris baunya sangat tajam. Daunnya berbentuk pita (pipih memanjang), tepi rata, ujung runcing, beralur, panjang 60 cm dan lebar 1,5 cm. Berakar serabut. Bunganya berwarna putih, bertangkai panjang dan bentuknya payung.

B. Klasifikasi Bawang Putih
Klasifikasi bawang putih, yaitu :
Divisio : Spermatophyta
Sub divisio : Angiospermae
Kelas : Monocotyledonae
Bangsa : Liliales
Suku : Liliaceae
Marga : Allium
Jenis : Allium sativum
Nama umum : bawang putih
Nama daerah :
Sumatera : bawang putih (Melayu), lasun (Aceh), dasun (Minangkabau), lasuna (Batak), bacong landak (Lampung).
Jawa : bawang bodas (Sunda), bawang (Jawa), babang pole (Madura).
Kalimantan : bawang kasihong (Dayak).
Sulawesi : lasuna kebo (Makasar), lasuna pote (Bugis), pia moputi (Gorontalo).
Nusa Tenggara : Incuna.

C. Kandungan Kimia dan Sifat Kimiawi Bawang Putih
Bawang putih mengandung minyak atsiri, yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. Kandungan allicin dan aliin berkaitan dengan daya anti kolesterol. Daya ini mencegah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan lain-lain. Umbi batang mengandung zat-zat:
1. Kalsium : bersifat menenangkan sehingga cocok sebagai pencegah hipertensi.
2. Saltivine : bisa mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan sel saraf.
3. Diallysulfide, alilpropil-disulfida : anti cacing.
4. Belerang
5. Protein
6. Lemak
7. Fosfor
8. Besi
9. Vitamin A, B1 dan C.

D. Manfaat Bawang Putih
Bawang putih dapat digunakan untuk pengobatan alternatif sebagai berikut :

a. Bawang putih Flu dan Batuk.
Kandungan sulfur yang terkandung dalam bawang putih membuatnya memiliki bau dan rasa yang khas dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous di saluran pernapasan, yang membantu melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir. Bawang putih mentah mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit. Pada tahun 1992, peneliti dari Universitas Brigham Young di Utah melaporkan bahwa bawang tumbuk dalam minyak membunuh bukan hanya membunuh rhinivirus tipe 2 (penyebab umun flu), tetapi juga membunuh 2 macam herpes (penyakit kulit menular) dan beberapa virus umum lainnya.

Bagaimana cara memanfaatkannya? Makanlah bawang putih sebanyak-banyaknya segera setelah anda merasa sakit atau tambahkan bawang putih pada masakan. Anda juga dapat membuat obat batuk dengan resep ini : Hancurkan bawang dan masukan ke dalam susu dingin di dalam panci, lalu panaskan sekitar 1-2 menit, dan minum hangat-hangat.

b. Bawang Putih dan Kolesterol
Sekarang ada lebih dari 12 studi yang dipublikasikan di seluruh dunia yang memastikan bahwa bawang putih dalam berbagai bentuk dapat menurunkan kolesterol. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa bawang ini dapat menyembuhkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung. Salah satu studi yang dipublikasikan di “The Journal of The Royal College of Physicians” oleh Silagy CS dan Neil HAW tahun 1994 menyebutkan bahwa bawang putih merupakan agen untuk mengurangi lemak. Penulis menyatakan bahwa suplemen bawang merupakan bagian terpenting dalam penyembuhan kolesterol tinggi. Menurutnya, secara keseluruhan, penurunan terjadi sebesar 12 % dari total kolesterol. Penurunan ini terjadi setelah 4 minggu perawatan.

c. Bawang Putih dan Kanker
Bawang juga mempunyai kandungan untuk memerangi kanker, terutama kanker perut dan usus besar. Organosulfida yang terkandung dalam bawang putih membantu hati memproses senyawa kimia beracun, termasuk senyawa kimia yang menyebabkan kanker beberapa penelitian epidemiologis menunjukan bahwa orang yang banyak mengkonsumsi bawang putih lebih rendah resikonya terkena kanker perut dan usus besar. Untuk memastikan bahwa anda akan mendapatkan hasil yang maksimal, peneliti dari Penn State Unipersity merekomendasikan untuk membiarkan dulu potongan atau tumbukan bawang selama paling sedikit 10 menit, memberi waktu bawang itu membentuk kandungan-kandungan yang membantu memerangi kanker.

d. Bawang Putih dan Kehamilan
Riset terbaru menunjukkan bahwa menkonsumsi bawang putih selama kehamilan mengurangi resiko komplikasi kehamilan pre-eclampsia (meningkatkan tekanan darah kandungan protein dalam urine). Studi–studi juga mengungkapkan bahwa bawang putih juga membantu menaikkan lambatnya berat badan bayi yang terlalu kecil. Riset dilakukan oleh Dr. D. Sooranna, Ms J. Hirani dan Dr. I Das di Academic Department of Obsterrics dan Gynaecology, Chelsea dan Westminster Hospital in London UK. Mereka menyimpulkan bahwa walaupun pre-eclampsia dan kelambatan pertumbuhan merupakan kondisi yang kompleks, mengkonsumsi tablet bawang putih secara standar selama masa kehamilan dapat mengurangi kemungkinan–kemungkinan komplikasi pada kelahiran. Mereka memfokuskan pada kelambatan pertumbuhan pada bayi dan pre-eclampsia, kondisi yang sangat berbahaya bagi ibu dan anak yang terjadi pada kira–kira satu diantara sepuluh kehamilan.

Eksperimen menunjukkan bahwa menambahkan ekstrak bawang putih pada sel–sel plaasenta yang kemungkinan menderita kondisi–kondisi tersebut terbukti dapat menstimulasi pertumbuhan. Lebih jauh lagi, kegiatan enzim–enzim penting yang berkurang pada kehamilan tidak normal juga sangat meningkat dengan diberikannya bawang putih.

e. Sebagai Penyembuh Wasir
Pertama bersihkan dulu daerah anus dan sekitarnya dengan air hangat dan sabun, oleskan jus/beberapa siung bawang putih yang sudah dimemarkan sebanyak 3-5 kali pada anus yang telah dibersihkan, tunggu beberapa menit lalu bersihkan.

f. Meningkatkan Stamina
Setelah dikaji secara mendalam, ternyata bawang putih dapat menjadi sumber stamina dan kekuatan fisik yang tinggi. Walaupun sebelumnya mereka jarang sekali sakit, tiba-tiba mereka mudah terserang flu, orang – orang seperti inilah yang terutama membutuhkan daya pembangun stamina yang terdapat di bawang putih. Orang-orang yang mudah lelah seharusnya menambah stamina mereka dengan makan sedikit bawang putih setiap hari dalam jangka waktu yang lama. Caranya, bisa kita campurkan dalam olahan masakan kita dan menelannya.

g. Mengontrol Gejala Diabetes
Diabetes mellitus adalah suatu penyakit bawaan yang ditandai oleh tak cukupnya insulin di dalam tubuh, sebagai akibat kelebihan gula di dalam darah dan urine, serta kelaparan yang hebat dan kehausan. Penderitanya selalu ingin makan yang manis-manis, dan walaupun ia suka makan yang manis-manis dan makanan lainnya, berat badan cenderung berkurang. Gejala utamanya, menurunnya daya tahan tubuh terhadap kuman dan bakteri gangguan kulit serta berkurangnya gairah seksual, penyakit usus dan pembuluh darah. Penggunaan bawang putih secara bijaksana dalam diet merupakan salah satu cara mendapatkan manfaat terbesar dari makanan yang dimakan dengan demikian menyumbang pada kondisi tubuh yang baik.

E. Pengaruh Pemakaian Bawang Putih
Akibat mengkonsumsi bawang putih terlalu banyak membuat napas kita menjadi bau, untuk menghilangjkannya kita dapat melakukan cara –cara berikut ini :
1. Meminum air teh kental atau kopi setelah mengkonsunsi bawang putih
2. Memakan kulit limau dengan cara dikunyah
3. Mengimbangi dengan makanan yang terbuat dari protein, hati, dan telor
4. Menggunakan bawang putih dengan cara direbus terlebih dahulu atau dijadikan acar

Dalam mengkonsumsi bawang putih sebaiknya tidak dimakan mentah, karena dapat mengganggu lambung. Oleh karena itu dianjurkan agar bawang putih terlebih dahulu direbus, digoreng, atau dipanggang dulu sebelum makan. Tetapi bawang putih tidak boleh digunakan dalam bentuk apapun sewaktu terdapat serangan penyakit di bagian perut dan usus besar.

| edit post

Keajaiban Siklus Matahari

Diposting oleh sains 0 komentar

Keajaiban Siklus Matahari
MATAHARI dalam perjalanan evolusinya sebagai sebuah bintang menunjukkan sifat-sifat dinamis, baik di lapisan luar (fotosfer, kromosfer, korona) maupun lapisan dalam. Salah satu keajaiban perilaku evolusi matahari adalah fenomena siklus aktivitas 11 tahun.

Siklus merupakan perulangan peristiwa yang biasa terjadi di alam. Siang berganti malam, akibat rotasi bumi pada porosnya. Musim silih berganti akibat kemiringan poros rotasi bumi terhadap bidang orbitnya mengitari matahari (ekuator bumi membentuk sudut 23,5 derajat terhadap bidang ekliptika). Dan matahari ternyata juga memiliki siklus aktivitas.

Berbagai perioda siklus matahari telah diidentifikasi, baik dalam jangka puluhan maupun ratusan tahun. Salah satu yang mudah diamati adalah siklus aktivitas 11 tahun. Fenomena ini bahkan sudah diketahui oleh para pengamat matahari sejak abad ke-17, mengingat metoda yang digunakan sangatlah sederhana, yaitu menghitung jumlah bintik secara rutin setiap hari.

Adalah seorang Galileo Galilei yang membuat terobosan besar dalam sejarah pengamatan astronomi. Setelah merampungkan teleskop buatan sendiri tahun 1610, salah satu benda langit yang menjadi sasaran adalah matahari. Ia takjub lantaran permukaan matahari dihiasi bintik-bintik hitam secara acak dan berkelompok. Bila diamati dari hari ke hari ternyata jumlah bintik dalam suatu kelompok berubah, demikian pula jumlah kelompok bintik secara keseluruhan.

Sayangnya, Galileo tidak melakukan observasi setiap hari dalam kurun waktu panjang. Karena itu ia bukanlah penemu salah satu misteri akbar yang menjadi bagian dari evolusi Matahari, yaitu pemunculan bintik mengikuti suatu pola tertentu atau siklus. Entah secara kebetulan, dalam kurun waktu tahun 1645 - 1715, pemunculan bintik sangat sedikit. Rentang waktu matahari dalam kondisi 'tidak aktif' ini disebut sebagai Mauder Minimum. Hal ini pula yang mungkin menyebabkan fenomena siklus aktivitas matahari tidak diketahui sebelum tahun 1715.

Satu hal yang menarik, aktivitas matahari minimum itu ternyata menyebabkan suhu seluruh muka bumi sangat dingin sepanjang tahun. Sungai di kawasan lintang rendah yang biasanya tidak membeku pun jadi beku, dan salju menutupi di berbagai belahan dunia. Tak berlebihan bila masa itu disebut Little Ice Age. Ada bukti-bukti abad es ini pernah terjadi jauh di masa lampau. Akankah bumi mengalami abad es kembali di masa yang akan datang? Pemahaman perilaku siklus matahari diharapkan dapat menjawab teka-teki ini.

Siklus Matahari

Pengamatan matahari secara sistematis mulai dilakukan di Observatorium Zurich tahun 1749, atau lebih dari seabad setelah pengamatan Galileo. Selama berpuluh-puluh tahun observatorium ini menjadi pelopor dalam pengamatan Matahari. Dari ketekunan dan jerih payah selama puluhan tahun ini, akhirnya terungkap pemunculan bintik mengikuti suatu siklus dengan perioda sekira 11 tahun.

Meski fenomena itu sudah diketahui ratusan tahun silam, perilaku atau sifat-sifat siklus aktivitas matahari 11 tahun masih merupakan topik penelitian yang relevan dilakukan oleh para peneliti pada saat ini. Entah dalam upaya untuk memahami fisika matahari maupun mengaji pengaruhnya bagi lingkungan tata surya. Khususnya, pengaruh aktivitas itu terhadap lingkungan bumi, yang lebih pupuler dengan sebutan cuaca antariksa (space weather).

Satu abad kemudian, yaitu tahun 1849, observatorium lainnya (Royal Greenwich Observatory, Inggris) memulai pengamatan Matahari secara rutin. Dengan demikian, data dari kedua observatorium tersebut saling melengkapi. Ada kalanya sebuah observatorium tidak mungkin melakukan pengamatan karena kondisi cuaca ataupun teleskop dalam perawatan.

Siklus 11 tahun aktivitas matahari merupakan suatu keajaiban alam. Bagaimana sebenarnya proses pembangkitan siklus 11 tahun itu, hingga kini masih menjadi topik penelitian menarik bagi para ahli. Dari berbagai studi yang telah dilakukan, terungkap pembangkitan siklus itu berkaitan dengan proses internal matahari. Terjadi pada suatu lapisan di bawah fotosfer yang disebut lapisan konvektif.

Lapisan konvektif mempunyai ketebalan sekira 30 dari jari-jari matahari. Namun, lapisan ini memunyai peranan penting dalam proses penjalaran energi yang dibangkitkan oleh inti matahari sebelum dipancarkan keluar dari fotosfer. Di antara inti dan lapisan konvektif terdapat lapisan radiatif.

Satu-satunya teori yang bisa menjelaskan fenomena siklus 11 tahun secara tepat adalah teori "Dinamo Matahari" (Solar Dynamo). Seorang pakar bidang ini, Prof. Hirokazu Yoshimura dari Departemen Astronomi, Universitas Tokyo, telah melakukan studi intensif proses dinamo matahari melalui simulasi 3D menggunakan komputer. Begitu ketatnya menjaga kerahasiaan penelitian yang tengah dilakukan, laboratorium tempat ia bekerja senantiasa tertutup rapat. Salah seorang staf Matahari Watukosek-LAPAN, Maspul Aini Kambry, boleh jadi satu-satunya orang Indonesia yang sering berdiskusi di dalam laboratoriumnya ketika ia mengambil program doktor.

Melalui kerja sama penelitian, mereka berhasil membuktikan adanya siklus 55 tahun (55 years grand cycle) berdasarkan hasil simulasi dinamo matahari, yang dikonfirmasi melalui analisis observasi bintik menggunakan data dari National Astronomical Observatory of Japan (NAOJ). Penemuan yang dituangkan dalam tesis doktor M.A. Kambry, sempat diekspos salah satu koran terkemuka Jepang, Yomiuri Shimbun, setelah dipresentasikan dalam suatu simposium astronomi (tenmon gakkai) di Jepang, 13 tahun silam

| edit post

Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Hidrogen peroksida dengan rumus kimia H2O2 ditemukan oleh Louis Jacques Thenard di tahun 1818. Senyawa ini merupakan bahan kimia anorganik yang memiliki sifat oksidator kuat. Bahan baku pembuatan hidrogen peroksida adalah gas hidrogen (H2) dan gas oksigen (O2). Teknologi yang banyak digunakan di dalam industri hidrogen peroksida adalah auto oksidasi Anthraquinone.

H2O2 tidak berwarna, berbau khas agak keasaman, dan larut dengan baik dalam air. Dalam kondisi normal (kondisi ambient), hidrogen peroksida sangat stabil dengan laju dekomposisi kira-kira kurang dari 1% per tahun.

Mayoritas pengunaan hidrogen peroksida adalah dengan memanfaatkan dan merekayasa reaksi dekomposisinya, yang intinya menghasilkan oksigen. Pada tahap produksi hidrogen peroksida, bahan stabilizer kimia biasanya ditambahkan dengan maksud untuk menghambat laju dekomposisinya. Termasuk dekomposisi yang terjadi selama produk hidrogen peroksida dalam penyimpanan. Selain menghasilkan oksigen, reaksi dekomposisi hidrogen peroksida juga menghasilkan air (H2O) dan panas. Reaksi dekomposisi eksotermis yang terjadi adalah sebagai berikut:

H2O2 -> H2O + 1/2O2 + 23.45 kcal/mol

Faktor-faktor yang mempengaruhi reaksi dekomposisi hidrogen peroksida adalah:

1. Bahan organik tertentu, seperti alkohol dan bensin
2. Katalis, seperti Pd, Fe, Cu, Ni, Cr, Pb, Mn
3. Temperatur, laju reaksi dekomposisi hidrogen peroksida naik sebesar 2.2 x setiap kenaikan 10oC (dalam range temperatur 20-100oC)
4. Permukaan container yang tidak rata (active surface)
5. Padatan yang tersuspensi, seperti partikel debu atau pengotor lainnya
6. Makin tinggi pH (makin basa) laju dekomposisi semakin tinggi
7. Radiasi, terutama radiasi dari sinar dengan panjang gelombang yang pendek

Hidrogen peroksida bisa digunakan sebagai zat pengelantang atau bleaching agent pada industri pulp, kertas, dan tekstil. Senyawa ini juga biasa dipakai pada proses pengolahan limbah cair, industri kimia, pembuatan deterjen, makanan dan minuman, medis, serta industri elektronika (pembuatan PCB).

Salah satu keunggulan hidrogen peroksida dibandingkan dengan oksidator yang lain adalah sifatnya yang ramah lingkungan karena tidak meninggalkan residu yang berbahaya. Kekuatan oksidatornya pun dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh dalam industri pulp dan kertas, penggunaan hidrogen peroksida biasanya dikombinasikan dengan NaOH atau soda api. Semakin basa, maka laju dekomposisi hidrogen peroksida pun semakin tinggi. Kebutuhan industri akan hidrogen peroksida terus meningkat dari tahun ke tahun. Walaupun saat ini di Indonesia sudah terdapat beberapa pabrik penghasil hidrogen peroksida seperti PT Peroksida Indonesia Pratama, PT Degussa Peroxide Indonesia, dan PT Samator Inti Peroksida, tetapi kebutuhan di dalam negeri masih tetap harus diimpor.

| edit post

Misteri di Balik Tape

Diposting oleh sains 0 komentar

Tape merupakan makanan fermentasi tradisional yang sudah tidak asing lagi. Tape dibuat dari beras, beras ketan, atau dari singkong (ketela pohon). Berbeda dengan makanan-makanan fermentasi lain yang hanya melibatkan satu mikroorganisme yang berperan utama, seperti tempe atau minuman alkohol, pembuatan tape melibatkan banyak mikroorganisme.

Inokulum tape, atau sering disebut ragi tape, telah lama diteliti. Dwidjoseputro & Wolf (1970) merupakan salah satu peneliti pertama yang berusaha mengidentifikasi mikroorganisme dari ragi tape dan berhasil mengidentifikasi dua spesies khamir yaitu Candida lactosa dan Pichia malanga. Djien (1972) adalah peneliti lain yang berhasil mengidentifikasi kapang Chlamydomucor oryzae, lima spesies dari genus Mucor dan satu spesies Rhizopus, serta khamir Pichia burtonii dan Endomycopsis fibuliger dari ragi tape. Chlamydomucor oryzae merupakan sinonim dari Amylomyces rouxii, dan nama terakhir tersebut merupakan nama yang sekarang digunakan (Ellis et al. 1976), Endomycopsis fibuliger dan Candida lactosa merupakan sinonim dari Saccharomycopsis fibuligera (Barnett et al. 2000), sedangkan Pichia malanga merupakan sinonim Saccharomycopsis malanga (Barnett et al. 2000). Penelitian-penelitian terbaru mengungkapkan spesies-spesies lain yang terdapat dalam ragi tape selain yang telah disebutkan di atas, antara lain khamir Candida utilis dan Saccharomyces cerevisiae,serta bakteri Pediococcus sp. dan Bacillus sp. (Gandjar 2003).

Misteri di Balik Tape
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan mikroorganisme yang terdapat di dalam ragi tape adalah kapang Amylomyces rouxii, Mucor sp., dan Rhizopus sp.; khamir Saccharomycopsis fibuligera, Saccharomycopsis malanga, Pichia burtonii, Saccharomyces cerevisiae, dan Candida utilis; serta bakteri Pediococcus sp. dan Bacillus sp. Kedua kelompok mikroorganisme tersebut bekerja sama dalam menghasilkan tape.

Mikroorganisme dari kelompok kapang akan menghasilkan enzim-enzim amilolitik yang akan memecahkan amilum pada bahan dasar menjadi gula-gula yang lebih sederhana (disakarida dan monosakarida). Proses tersebut sering dinamakan sakarifikasi (saccharification). Kemudian khamir akan merubah sebagian gula-gula sederhana tersebut menjadi alkohol. Inilah yang menyebabkan aroma alkoholis pada tape. Semakin lama tape tersebut dibuat, semakin kuat alkoholnya. Pada beberapa daerah, seperti Bali dan Sumatera Utara, cairan yang terbentuk dari pembuatan tape tersebut diambil dan diminum sebagai minuman beralkohol.

| edit post

Admin

Admin

Saran-Saran

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x